Penjelasan PBB Apartemen Green Pramuka City

Perihal PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) di Green Pramuka City dapat membuat sebuah Opini jelek atau tidak baik bagi para Investor atau pemilik Apartemen, menghindari hal ini supaya jangan jadi alat bagi Oknum-oknum tertentu, Pihak pengelola menjelaskan Hal itu

Pajak Bumi dan bangunan Apartemen Green Pramuka City

Sebagaimana tertuang dalam Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) pasal 10 dan atau pasal 11 mengenai Pajak-pajak dan Biaya-Biaya, bahwa pihak kedua setuju akan membayar kembali kewajiban PBB Satuan Rumah Susun kepada pihak pertama, jika Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB Induk yang telah dibayarkan pihak pertama ke Negara atau Pemerintah walaupun SPPT Satuan Rumah Susun belum ada atau belum dapat dipecah dan dibalik nama atas nama pihak kedua, dan hal itu bukan menjadi halangan pihak pertama untuk menagih pihak kedua.
Data di tahun 2017, sebanyak 3565 unit sudah membayarkan pajaknya.

Mengapa pembayaran pajak sebelum tahun 2019 harus dibayarkan ke Pengelola?
Karena SPPT baru pecah di akhir tahun 2018, sehingga di tahun-tahun sebelumnya (dari 2013 s/d 2018), Pengelola membayarkan terlebih dahulu PBB untuk seluruh kawasan Green Pramuka City. Sehingga warga membayar kembali PBB yang sudah ditalangi kepada Pengelola.

Mengapa saya harus membayar pajak, meskipun belum menerima SPPT?
Walaupun SPPT belum pecah, sesuai dengan UU No. 12 Tahun 1985 jo UU No. 12 th 1994 tentang Pajak Bumi dan Bangunan dinyatakan bahwa PBB dikenakan pada objek pajak berupa tanah dan atau bangunan yang didasarkan atas azas kenikmatan dan manfaat, dan dibayar tiap tahun. Oleh karena itu, setiap subjek yang menikmati dan menggunakan manfaat dari objek pajak wajib untuk membayar PBB.
Penjelasan di atas disampaikan oleh pihak petugas pajak UPPRD Cempaka Putih pada saat Sosialisasi PBB yang diadakan oleh Pengelola pada tanggal 13 November 2018 di Lobby Tower Chrysant (samping Lotteria).
Kebijakan tarif PBB yang ditagihkan sebelum SPPT PBB 2018 per unit terbit adalah 0,1%.

Kapan saya menerima SPPT?
Pemilik unit dapat menerima SPPT PBB asli tahun 2018 setelah melakukan pelunasan PBB dari tahun sejak serah terima unit.

Apakah perhitungan penagihan pajak kepada pemilik sudah sesuai aturan?
Setiap perhitungan pajak yang ditagihkan kepada pemilik unit, sudah melalui persetujuan dan pendampingan oleh UPPRD.

Pengelola bersedia membuka diskusi dengan penghuni tentang masalah ini. Jika ingin informasi lebih lanjut silahkan dapat menghubungi tim Customer Service yang siap melayani Anda, dengan menghubungi nomor :

021-29624888 untuk DP 1

021-21471010 untuk DP 2.

@copy
Pengelola Green Pramuka City

 

Kenapa Virtual Account (VA) Utilitas, IPL dan PBB harus dipisah?

Sesuai dengan SE (Surat Edaran) Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 16/SE/2018 tentang optimalisasi pembinaan pengelolaan Rumah Susun Milik No 1b yang menyatakan pemisahan tagihan atas komponen pembayaran IPL dengan tagihan pemakaian Utilitas listrik dan air pada unit yang ditagihkan kepada para pemilik/penghuni.

Pernyataan ini juga didukung oleh Pergub Prov DKI Jakarta Nomor 132/2018 tentang pembinaan Pengelolaan Rumah Susun Milik yang baru-baru ini di terbitkan, dinyatakan dalam pasal 9 bahwa selama masa transisi, Pelaku Pembangunan memiliki kewajiban melakukan pengelolaan sementara dan melakukan pemisahan lembar tagihan iuran pengelolaan lingkungan dengan tagihan atas sarusun meliputi tagihan air, tagihan listrik dan tagihan PBB.

Ditambahkan di pasal 13 menyatakan biaya Sarusun merupakan beban biaya yang berhubungan dengan kepemilikan sarusun dan digunakan secara terpisah, berupa :

a. Tagihan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

b. Taguhan pemakaian listrik, air, telepon dan multimedia sarusun

Bikin ribet aja, kenapa harus dipisah?

Pemisahan ini ditunjukkan agar pendataan menjadi lebih teratur dan mempermudah untuk tracking data penghuni. Sehingga di kemudian hari bila Bapak/ibu ingin mengetahui perincian Pembayaran akan terlihat secara rinci pembayaran IPL, utilitas dan juga PBB secara terpisah

Tinggalkan Balasan

contacts
T: 0811 8888 579
F: 08192222778
E: alin.greenpramukacity@gmail.com
Tweet us @grenpramukacity
address
Classter Co.
Jl. Jend A Yani Kav 49
Cempaka Putih-Jakarta Pusat
alin.greenpramukacity@gmail.com
Categories
Tersedia DAMRI Trayek Bandara Soeta

madjongke

Blog Category
Take A Tour
 
Schedule A Visit
Blog Category